Konsienti: Community Services Journal
Vol. 2 No. 02 (2024): July

Pelatihan Robotika dengan Memanfaatkan Teknologi Arduino Smart Robot

Fatchurrohman, Nanang (Unknown)
Imani, Rafki (Unknown)
Yenni, Zefri (Unknown)
Yuwanda, Tonny (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat telah dilakukan oleh tim UPI-YPTK di Sekolah Menengah Kebangsaan Gudang Rasau (SMK SEGRA) di Pahang, Malaysia. Dalam kegiatan ini UPI YPTK juga berkolaborasi dengan Universitas Malaysia Pahang As Sultan Abdullah (UMPSA). Di sekolah SMK SEGRA, tim UPI-YPTK mengadakan pelatihan praktis yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis dan pengetahuan ilmiah dalam bidang robotika. Pelatihan ini memanfaatkan teknologi Arduino Smart, yang dikenal memiliki aplikasi luas dalam pengembangan robotika. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini tidak hanya berfokus pada pengembangan keahlian teknis siswa, tetapi juga bertujuan untuk menginspirasi inovasi dan kreativitas. Siswa-siswa didorong untuk berpikir out-of-the-box dan mengembangkan aktivitas dari aspek teknis. Kerjasama antara UPI-YPTK, UMPSA dan SMK SEGRA ini tidak hanya menguntungkan dalam konteks pengabdian, tetapi juga memperkuat hubungan bilateral antara institusi pendidikan di Indonesia dan Malaysia. Ini membuka peluang untuk kolaborasi lebih lanjut di masa depan, baik dalam bentuk pertukaran pelajar, penelitian bersama, maupun proyek-proyek pengabdian lainnya. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini tidak hanya berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengetahuan teknis siswa, Pemanfaatan teknologi seperti Arduino Smart diharapkan dapat mendorong perkembangan inovasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konsienti

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Social Sciences Other

Description

Konsienti: Community Services Journal is a reputable and impactful publication dedicated to the exploration and dissemination of knowledge in the realm of community development and social services. This esteemed journal serves as a crucial platform for scholars, practitioners, researchers, and ...