JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA
Vol 2 No 3 (2024): Juni

ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI DORATOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL KELAS IV SEKOLAH DASAR

Saiful Bahri (Unknown)
Moh. Lutfi (Unknown)
Deni Martin (Unknown)
Nursaib Asra (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi Doratoon sebagai media pembelajaran berbasis audio visual di sekolah dasar. Doratoon, sebagai aplikasi pembuatan animasi, menawarkan berbagai fitur yang dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian metalu observan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Doratoon meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkuat pemahaman konsep yang diajarkan, dan mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, aplikasi ini juga membantu guru dalam menyajikan materi pelajaran dengan cara yang lebih kreatif dan mudah dipahami. Namun, terdapat beberapa kendala teknis dan kebutuhan pelatihan tambahan bagi guru untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi ini. Kesimpulannya, Doratoon memiliki potensi besar sebagai media pembelajaran audio visual di sekolah dasar, namun perlu diimbangi dengan dukungan teknis dan pelatihan yang memadai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Medicine & Pharmacology

Description

JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA Merupakan platform publikasi jurnal Karya suatu hasil penelitian orisinil atau tinjauan Pustaka yang ditulis oleh mahasiswa. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin Ilmu diantaranya yaitu: Ilmu Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan, Peternakan, ...