Jurnal Komunikasi Pendidikan
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Komunikasi Pendidikan

METODE MARIA MONTESSORI DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN

Irsad, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2018

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara berkembang masih memiliki pekerjaan rumah (home work) yang banyak yang harus di selesaikan, salah satunya tentang perbaikan kualitas pendidikan. Salah satu yang paling berperan dalam menunjang kesuksesan penyelenggaraan pendidikan ialah metode pendidikan yang diterapkan. Maria Montessori sebagai seorang ilmuwan, dokter dan juga seorang pendidik, menciptakan sebuah metode pendidikan yang memberikan kebebasan kepada peserta didiknya. Penyatu-paduan antara kebebasan dan kedisiplinan dalam metode Maria ini akan penulis analisa dari perspektif Filsafat Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), dalam menganalisa topik pembahasan menggunakan metode analisa isi (analysis content) dengan menerapkan pendekatan filosofis. Sumber primer dalam tulisan ini merupakan tulisan Maria yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Hasil dari pembahasan dalam tulisan ini adalah; Maria dalam praktik metode pendidikannya menerapkan beberapa hal sebagai berikut; mempertimbangkan aspek antropologis peserta didiknya, penyiapan lingkungan belajar perlengkapan ruang kelas, disiplin dalam kebebasan, serta penghapusan hadiah-hadiah dan bentuk-bentuk hukuman.Kata Kunci: Maria, Montessori, Filsafat Pendidikan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

komdik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Komunikasi Pendidikan is in the development of communication science, culture and media. The change of society is dynamically proportional to the growth of the increasingly diverse fields of communication science. The Jurnal Komunikasi Pendidikan review lies in two important elements of ...