Jurnal Komunikasi Pendidikan
Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Komunikasi Pendidikan

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SIMULASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN EDMODO PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Saputri, Yuliana Endah (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)
Mulyani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dalam mata pelajaran simulasi digital melalui edmodo pada siswa kelas X SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan ini dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Tamansiswa Sukoharjo dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah ketuntasan belajar siswa sebesar >70%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar Simulasi Digital pada siswa kelas X SMK Tamansiswa. Kondisi awal prosentase ketuntasan hanya sebesar 34%. Setelah dilakukan siklus I (satu) diperoleh hasil peningkatan motivasi belajar simulasi digital sebesar 57,6 % dan pada siklus II diperoleh hasil prosentase sebesar 90,65%. Peningkatan ini tentu dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan selama proses pembelajaran oleh guru dan kolaborator selama pelaksanaan setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan edmodo secara tepat dapat meningkatkan motivasi belajar dalam mata pelajaran Simulasi Digital pada siswa kelas X SMK Tamansiswa.                                                                                                                                                           Kata-kata kunci: Motivasi Belajar, Simulasi Digital, Edmodo

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

komdik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Komunikasi Pendidikan is in the development of communication science, culture and media. The change of society is dynamically proportional to the growth of the increasingly diverse fields of communication science. The Jurnal Komunikasi Pendidikan review lies in two important elements of ...