Jurnal Komunikasi Pendidikan
Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Komunikasi Pendidikan

PENGGUNAAN STRATEGI TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Zainun, Zainun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai Sosiologi siswa di SMA Negeri 7 Sarolanun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing agar dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Penelitian di ambil secara kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data kualitatif dengan lembar penilaian. Sedangkan data kuantitatif  untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian, peningkatan hasil belajar siswa  dinilai dari aspek pengetahuan setiap siklus yaitu, 62,95 siklus I menjadi 67,86,untuk siklus II dan 75,00  untuk siklus III, untuk hasil belajar siswa yang dinilai dari aspek sikap setiap siklus yaitu 46,43 % untuk siklus I menjadi 64,29 %  untuk siklus II dan 76,58 % untuk siklus III dan penilaian dari aspek keterampilan setiap siklus yaitu, 32,14 % untuk siklus I 53,57 % untuk siklus II dan 82,15 % untuk siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Integrasi dan Reintegrasi. Kata Kunci: Active Knowledge Sharing, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

komdik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Komunikasi Pendidikan is in the development of communication science, culture and media. The change of society is dynamically proportional to the growth of the increasingly diverse fields of communication science. The Jurnal Komunikasi Pendidikan review lies in two important elements of ...