Jurnal Komunikasi Pendidikan
Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Komunikasi Pendidikan

Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Problem Possing pada Siswa SMP

Supriyanti, Supriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Possing pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban semester II tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 63,0 mencapai ? 80%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Possing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojolaban. Sebelum tindakan/prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 18 siswa atau 58,0%, pada siklus I, 24 siawa atau 77,4% dan pada siklus II, 27 siswa atau 87,9%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 65,03 setelah tindakan siklus I sebesar 75,90 dan setelah tindakan siklus II sebesar 84,13.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

komdik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Komunikasi Pendidikan is in the development of communication science, culture and media. The change of society is dynamically proportional to the growth of the increasingly diverse fields of communication science. The Jurnal Komunikasi Pendidikan review lies in two important elements of ...