Muhadasah : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 5 No. 2 (2023): Muhadasah : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Strategi Know Want to Know-Learned dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Peserta Didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Taufik (Unknown)
Elvita Indah Cahyani (Unknown)
Nayli Okta Dwi Pratiwi (Unknown)
Luthfiyah, Rara (Unknown)
Vanny Apriliyanti (Unknown)
Vika Mustaqotul Firdaus (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2023

Abstract

Kurangnya keragaman metode pengajaran di MI Al Huda Jatikalang menjadi akar penyebab rendahnya tingkat literasi di tingkat Madrasah Ibtidaiyah, khususnya dalam maharah qira'ah (kemampuan membaca). Oleh karena itu, peneliti berharap dapat menawarkan solusi dengan mempraktekkan teknik KWL (Know Want to Know-Learned). Model kelas Kurt Lewin diterapkan dalam penelitian ini, yang menggunakan teknik Penelitian Tindakan (PTK) selama dua siklus. Wawancara, observasi, dan tes adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik pengujian data, atau prosedur validitas data.  Hasil dari masalah yang diteliti ini menunjukkan adanya 1) Penerapan strategi KWL (Know Want to Know-Learned).  ditunjukkan dengan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 70,90 meningkat menjadi 87,27 2) Peningkatan kemampuan Maharah Qira’ah pada pra siklus mendapat 30% Siklus I mendapat ketuntasan 45% dan siklus II mendapat ketuntasan 80%, dari data tersebut maka strategi KWL Know Want to Know-Learned) dapat meningkatkan Maharah Qira’ah di MI Al Huda Jatikalang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

muhad

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Muhadasah terbit sejak tahun 2018, jurnal ini merupakan jurnal Pendidikan Bahasa Arab yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup kajian bahasa arab. Jurnal Muhadasah selanjutnya akan rutin terbit secara berkala setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni ...