Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 5 No. 4 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (E-MONEY) TERHADAP PERILAKU KONSUMEN

Muhammad Fikri Rizal Izza (Unknown)
Marlina, Marlina (Unknown)
Agustina Zahrotin Nisak (Unknown)
Hodri Fungkiuudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Penggunaan uang elektronik (e-money) telah mengubah pola perilaku konsumen dengan memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Namun, dampaknya tidak hanya positif, karena e-money juga dapat mendorong perilaku konsumtif yang tidak seimbang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan untuk memahami implikasi penggunaan e-money terhadap perilaku konsumen. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan e-money telah meningkatkan pembayaran nontunai, namun juga membawa risiko ketergantungan pada teknologi dan keamanan. Faktor-faktor seperti kemudahan penggunaan dan keamanan memainkan peran penting dalam meningkatkan adopsi e-money. Memahami perilaku konsumen terkait e-money penting untuk mengelola dampaknya secara efektif dan memastikan manfaatnya dirasakan secara luas oleh masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...