Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 5 No. 8 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH KEANDALAN (RELIABILITY) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (CUSTOMER SATISFACTION) PADA BISNIS TRANSPORTASI ONLINE GRAB (STUDI KASUS MAHASISWA MANAJEMAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)

Cindy Husin (Unknown)
Lusi Anggraini Sabar (Unknown)
Jonathan Saputra Rumahorbo (Unknown)
Vindy Shafarina Sulistyo (Unknown)
Nur Ainun Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh keandalan (reliability) terhadap kepuasan pelanggan (customer satisfaction) pada bisnis transportasi online Grab, dengan studi kasus mahasiswa manajemen Universitas Negeri Medan. Penelitian ini berfokus pada hubungan antara variabel keandalan dan kepuasan pelanggan dalam layanan transportasi berbasis aplikasi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden. Analisis data menggunakan metode statistik seperti uji normalitas, uji linearitas, dan uji korelasi untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara keandalan layanan dan kepuasan pelanggan, meskipun korelasi tersebut termasuk dalam kategori lemah. Temuan ini menekankan pentingnya aspek keandalan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan rekomendasi bagi Grab untuk terus meningkatkan kualitas layanannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...