Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 6 No. 10 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

STUDI FENOMENOLOGI: PERILAKU KONSUMTIF WANITA TERHADAP BUSANA KEBAYA DI KUTA SELATAN

Ni Luh Eka Pristia Dewi (Unknown)
Nyoman Indah Kusuma Dewi (Unknown)
Ida Ayu Putri Widiasuari Riyasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami fenomena perilaku konsumtif wanita terhadap busana kebaya di Kuta Selatan dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan para wanita yang telah membeli busana kebaya dari tiga toko di Kuta Selatan, di antaranya adalah Cahaya Abadi Collection, Pradita Attire, dan Tawon Fashion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif wanita dipengaruhi oleh faktor keinginan untuk mengikuti tren terbaru, kualitas bahan, potongan harga, serta kebutuhan menjaga penampilan dan status sosial. Penelitian ini juga menemukan bahwa perubahan desain busana kebaya secara cepat memicu pembelian kebaya berulang oleh konsumen. Selain itu, kebutuhan akan busana kebaya yang disebabkan oleh pemberwajiban penggunaan kebaya di hari Kamis serta kebudayaan Hindu untuk memakai kebaya di hari raya Hindu juga menjadi pemicu. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya bagi pelaku bisnis untuk memahami dan menyesuaikan strategi pemasaran mereka sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif konsumen. Kata Kunci: perilaku konsumtif, harga, potongan harga, busana kebaya, fenomenologi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...