Penelitian ini bertujuan untuk memahami fenomena perilaku konsumtif wanita terhadap busana kebaya di Kuta Selatan dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan para wanita yang telah membeli busana kebaya dari tiga toko di Kuta Selatan, di antaranya adalah Cahaya Abadi Collection, Pradita Attire, dan Tawon Fashion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif wanita dipengaruhi oleh faktor keinginan untuk mengikuti tren terbaru, kualitas bahan, potongan harga, serta kebutuhan menjaga penampilan dan status sosial. Penelitian ini juga menemukan bahwa perubahan desain busana kebaya secara cepat memicu pembelian kebaya berulang oleh konsumen. Selain itu, kebutuhan akan busana kebaya yang disebabkan oleh pemberwajiban penggunaan kebaya di hari Kamis serta kebudayaan Hindu untuk memakai kebaya di hari raya Hindu juga menjadi pemicu. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya bagi pelaku bisnis untuk memahami dan menyesuaikan strategi pemasaran mereka sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif konsumen. Kata Kunci: perilaku konsumtif, harga, potongan harga, busana kebaya, fenomenologi
Copyrights © 2024