Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 8 No 1 (2024): Vol.8,No.1,2024

Implementasi chse (cleanliness, health, safety, environmental sustainability) di segara hotel dan restoran kintamani pada era pasca pandemi covid-19

Suryawan, I Komang Budi (Unknown)
Semuel, Auryn Angelie (Unknown)
Dwiyanti, Dini (Unknown)
Purnayasa, I Gusti Ketut (Unknown)
Wardani, Sayu Rezkia (Unknown)
Vivian Lim, Josephine (Unknown)
Dharma Yuda, Putu Arya (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Abstrak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menerbitkan protokol kesehatan CHSE sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. CHSE merupakan akronim dari Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keselamatan), dan Environmental Sustainability (Kelestarian Lingkungan). Pada era pandemi COVID-19, setiap usaha pariwisata disarankan memiliki sertifikat CHSE untuk membangkitkan kembali rasa kepercayaan wisatawan kepada sektor pariwisata. Segara Hotel dan Restoran Kintamani merupakan hotel bintang 3 yang mengalami keterpurukan akibat adanya wabah pandemi COVID-19, namun dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk memiliki sertifikat CHSE, hotel ini dapat bertahan selama masa pandemi COVID-19. Pasca pandemi COVID-19 mengakibatkan persepsi wisatawan kembali normal yang menganggap bahwa pandemi COVID-19 telah berakhir, yang dikhawatirkan penerapan CHSE menurun, di lain sisi CHSE juga berguna sebagai keamanan dan kenyamanan tamu dan staff serta penerapan pelayanan prima kepada tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) yang diterapkan dan kendala yang dihadapi oleh pihak pengelola Segara Hotel dan Restoran Kintamani dalam mengimplementasikan CHSE pada era pasca pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif (mixed methods) dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) di Segara Hotel dan Restoran pada era pasca pandemi COVID-19, telah sesuai dengan anjuran pemerintah dan terdapat beberapa kendala yang masih dihadapi oleh pihak Segara Hotel dan Restoran Kintamani seperti kurangnya kepedulian staff, kendala dalam mengatasi serangga yaitu lalat, dan kendala dalam pembuatan peringatan atau arahan implementasi CHSE di era pasca pandemi COVID-19. Kata Kunci: Implementasi CHSE, Pasca Pandemi COVID-19, Hospitality

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...