Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 7 No 1 (2023): Vol.7,No.1,2023

jurnal kepariwisaan dan hospital Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Hunian Kamar di Ibis Styles Bali Denpasar Hotel

Septiani, Ni Luh Rania (Unknown)
Astina, IB Ketut (Unknown)
Arismayanti, Ni Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Menurunnya tingkat hunian kamar pada Ibis Styles Bali Denpasar pada tahun 2017-2019 membuat pendapatan hotel juga menurun.Hal ini disebabkan oleh persaingan antar hotel pesaing serta strategi promosi yang perlu ditingkatkan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan dari faktor internal peluang dan ancaman dari faktor eksternal hotel, sehingga merumuskan strategi dan program promosi dalam jangka pendek dan panjang yang dapat diterapkan.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara serta penentuan informan menggunakan purposive sampling. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. Hasil dari pembahasan diperoleh simpulan strategi promosi bersumber dari promotion mix serta di pengaruhi oleh faktor eksternal perusahaan. Strategi yang dirumuskan dalam analisis SWOT meliputi Strategi SO (Strengts Opportunities) meliputi strategi menciptakan paket produk yang variatif, Strategi ST (Strengts Threats) meliputi strategi meningkatkan content score, Strategi WO (Weaknesses Opportunities) meliputi strategi menciptakan layout iklan yang menarik melalui media online dan strategi mengoptimalkan hubungan kerjasama hotel dengan pemerintahan, danstrategi WT (Weaknesses Threats) meliputi strategi meningkatkan walk in guest oleh karyawan Ibis Styles Bali Denpasar Hotel dan strategi memperbaiki kualitas produk dan jasa secara mendetail. Adapun program yang dihasilkan meliputi menciptakan paket wisata advanture Bali Swing di Ubud untuk minimal menginap selama limahari dan menciptakan paket produk yang variatif dengan membuat harga paket Cooking with Ibis Family. Saran yang dapat di berikan adalah team sales & marketing dapat memperkuat market yang sudah ada yaitu market nusantara dan dapat mengembangkan market mancanegara dengan menjalin kerjasama bersama pihak-pihak travel agent, mengawasi serta melakukan pengelolaan secara berkala promosi melalui brosur dan websitedan melakukan pembaharuan konten-konten pada website online travel agent.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...