Fokus penelitian ini adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mts Wahid Hasyim Warungasem Batang yaitu area seni, area olah raga, area pembelajaran kelas dan area lingkugan sekolah.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data meliputi credibility, transferability, dependability, konfirmability.Hasil penelitian (1) Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mts Wahid Hasyim Warungasem Batang. (2) Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mts Wahid Hasyim Warungasem Batang. (3) Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mts Wahid Hasyim Warungasem Batang meliputi lingkungan belajar yang menyenangkan, keterhubungan sekolah dengan orang tua dan dunia kerja, pengembangan personal dan interpersonal, pembelajaran penalaran.(4) pengawasan program Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mts Wahid Hasyim Warungasem Batang, dilihat dari teknis pengawasan dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pengawasan langsung yang bersifat teknis dan pengawasan tidak langsung dalam bentuk laporan.Keunikan dari penelitian ini bahwa pelaksanaan program GSM di SMK Negeri 1 Jambu dilaksanakan dengan terintegrasi antara prinsip pelaksanaan GSM dengan prinsip pelaksanaan kurikulum merdeka selain itu juga pelaksanaan GSM dengan melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif dan berkelanjutan dengan cara salam satu minggu ada jawal komite sekolah yang diberikan waktu untuk terlibat di dalamnya dalam pengawasan.Kata Kunci: supervise akademik, kinerja guru
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024