Pembangunan bukaan median jalan yang berada di sepanjang jalan Baypass Ngurah Rai-Nusa Dua, yang dimanfaatkan pengendara untuk putar balik kendaraan atau gerakan U-Turn, sangat mempengaruhi kinerja ruas jalan. Efektifitas kinerja lulu lintas dapat berkurang dan dapat mengakibatkan tingginya antrean kendaraan pada area U-Turn. Fakta tersebut mengakibatkan semakin meningkatnya peluang terjadinya kecelakaan lalu lintas darat. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak gerakan putar balik U-Turn terhadap kinerja ruas jalan Baypass Ngurah Rai-Nusa Dua. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi langsung, dan kemudian analisis data secara kuantitatif berdasarkan hasil pengamatan langsung ke lapangan. Penelitian ini dilakukan di hari senin, dalam rentang waktu pagi sampai sore hari. Fokus objek pengamatan adalah kendaraan roda dua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, area putaran balik (U-Turn) yang ada di sepanjang Baypass Ngurah Rai Nusa Dua memiliki kinerja rendah. Rasio fasilitas pelayanan putaran balik kendaraan memiliki median 1 pada saat jam sibuk.
Copyrights © 2024