INSPIRAMATIKA
Vol 10 No 1 (2024): Vol 10 No 1 (2024): Inspiramatika: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Ma

Penerapan Model Two Stay Two Stray dalam Melatih Partisipasi Aktif Siswa Pada Materi Aljabar Berbantuan Papan Determinan

Agustina, Adelia Tiara (Unknown)
Rohim, Abdur (Unknown)
Haryono, Heny Ekawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini hadir dengan didasari oleh minimnya keaktifan belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 8 Sukodadi. Penelitian ini dibuat untuk memperbaiki proses pembelajaran juga melatih partisipasi aktif siswa dalam belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS). Penelitian ini masuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 8 Sukodadi semester genap tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 21 siswa dan diambil 6 siswa sebagai subjek. Instrumen yang dipakai berupa lembar pengamatan dan lembar wawancara. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini model Two Stay Two Stray terbukti dapat melatih partisipasi aktif siswa dengan rata-rata skor indikator keaktifan belajar yang diperoleh sebesar 95% yang artinya tergolong siswa dengan keaktifan belajar sangat tinggi.

Copyrights © 2024