Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 4, No. 1, April 2024

Penguatan Kearifan Lokal Nusantara melalui Media Pembelajaran Monopoli Kebhinekaan bagi Siswa SB Sentul Kuala Lumpur

Maharani, Deaningma (Unknown)
Mahardhani, Ardhana Januar (Unknown)
Cahyono, Hadi (Unknown)
Shohenuddin, Shohenuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Tujuan dari media pembelajaran Monopoli Kebhinekaan ini adalah sebagai sarana bagi peserta didik untuk menganalisis kearifan lokal Nusantara, yang nantinya diharapkan dapat menjadi pengetahuan terkait pengertian, bentuk, serta cara menyikapi kearifan lokal Nusantara, terutama dalam budaya yang beragam. Melalui media pembelajaran Monopoli Kebhinekaan ini, diharapkan peserta didik semakin tertarik dan bersemangat dalam belajar. Kreativitas guru dalam menciptakan media pembelajaran ini akan mempengaruhi para pelajar untuk memahami suatu teori atau disiplin pengetahuan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, salah satunya adalah penggunaan media belajar yang dapat digunakan sebagai tempat, penyambung, serta penyaluran makna dari suatu pembelajaran. Dalam meningkatkan pengalaman belajar peserta didik, media pembelajaran ini dianggap tepat dan sesuai, yang nantinya dapat membuat peserta didik lebih inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Terlebih lagi, media pembelajaran yang berbasis mainan akan menambah semangat peserta didik dalam mempelajari sebuah materi pembelajaran. Media pembelajaran Monopoli Kebhinekaan ini nantinya akan diimplementasikan di Sanggar Bimbingan Sentul, Kuala Lumpur, Malaysia.    

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...