Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan
Vol 6 No 1 (2024): Oetoesan Hindia : Telaah Pemikiran Kebangsaan

Peran orang tua dan guru sejarah dalam pendidikan karakter

Supriadi (Unknown)
Taufiq Hidayat, A. (Unknown)
Arifin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Pendidikan dapat diartikan sebagai usaha sadar dan sistematis untuk memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal. Sedangkan karakter adalah nilai-nilai khas suatu masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk budi pekerti, moral, atau kepribadian seseorang. Nilai-nilai tersebut terbentuk dari internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mempengaruhi pemikiran, perilaku, dan tindakan. Dalam konteks pendidikan karakter di lingkungan keluarga, peran orang tua adalah menjadi teladan bagi anak atau siswanya. Peran guru sejarah adalah sebagai fasilitator, membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran di lingkungan sekolah. Kemanjuran pendidikan karakter bergantung pada peran orang tua dalam pendidikan keluarga, yang pada gilirannya mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah menengah. Kata Kunci : Peran Guru, Nilai Karakter

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

oh

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Social Sciences Other

Description

Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan adalah jurnal yang membangkitkan kembali semangat dari harian Oetoesan-Hindia yang dikelola oleh HOS Tjokroaminoto pada tahun 1913-1923. Jurnal ini mempublikasikan artikel ilmiah baik dalam bentuk kajian teoritis dan empiris dalam bidang nasionalisme, ...