Ekonomi Bisnis
Vol 29, No 1 (2024)

PENGARUH SALES PROMOTION DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSIVE BUYING

Fauzan, Muhammad Rizki (Unknown)
Widarmanti, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2024

Abstract

Penjualan online menjadi alternatif mudah, tetapi juga memicu impulsive buying. Hedonic shopping motivation serta sales promotion berperan penting dalam mempengaruhi impulsive buying tanpa mempertimbangkan utilitas jangka panjang. Adapun tujuannya yakni untuk memahami pengaruh yang ada di hedonic shopping motivation serta sales promotion, serta bagaimana sales promotion mempengaruhi hedonic shopping motivation di antara pelanggan H&M yang berbelanja secara online. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan analisis struktural equation model (SEM) dan partial least square (PLS). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 100 responden yang valid. Hasil analisis menunjukkan bahwa hedonic shopping motivation memiliki pengaruh signifikan positif terhadap impulsive buying. Sales promotion juga memiliki pengaruh signifikan positif terhadap impulsive buying. Selanjutnya, sales promotion memiliki pengaruh signifikan positif terhadap hedonic shopping motivation. Bagi perusahaan, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan perusahaan untuk menjaga dan mengembangkan penjualan perusahaan untuk menarik dan memotivasi konsumen untuk membeli produk dari perusahaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ekbis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is a journal through a peer-review process. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is intended for academics and researchers to publish their articles which is an original text that has not been published in another journal. The focus and scope are in the fields of management, ...