Layanan berkualitas yang memuaskan meningkatkan loyalitas pasien, dan kepuasan terkait erat dengan promosi dari mulut ke mulut, maka layanan yang memuaskan ini juga menarik pasien baru. Efek selanjutnya akan membuat citra puskesmas semakin meningkat. Karena kondisi persaingan yang sangat ketat, setiap Puskesmas berusaha semaksimal mungkin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Tingkat kepatuhan ibu terhadap kepuasan. Jenis dan metode penelitian digunakan adalah metode Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil trimester III yang berkunjung di UPT Puskesmas Baraka Kabupaten Enrekang pada bulan April 2023 sebanyak 56 orang diperoleh sampel sebanyak 36 orang menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 36 orang dijadikan sebagai sampel, responden yang patuh sebanyak 29 orang (80,6%) dan kurang patuh sebanyak 7 orang (19,4%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 36 orang dijadikan sebagai sampel, responden yang puas dalam pelayanan antenatal care sebanyak 28 orang (77,8%) dan kurang puas sebanyak 8 orang (22,2%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan tingkat kepatuhan ibu hamil terhadap kepuasan pelayanan antenatal care dengan nilai ρ=0,003
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024