Kemajuan suatu bangsa sangat di tentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sedangkan SDM bergantung pada kualitas pendidikan. Salah satu nya yakni pembelajaran Al-Quran dengan menerapkan hukum tajwid, karena hukum tajwid merupakan metode membaca al quran dengan tartil dan jelas, teratur tidak terburu-buru serta mengenai tempat-tempat makhrijul huruf dan tempat-tempat berhenti nya ayat dengan benar. Tajwid berfungsi untuk memelihara bacaan al quran dari kesalahan ataupun perubahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan pembelajaran al quran dengan menerapkan ilmu tajwid dalam rangka meningkatkan kualitas membaca al-ur’an santri di MDTA Nurul Huda Cibutun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Quran di MDTA Nurul Huda Cibutun dalam penerapan ilmu tajwid masih belum maksimal, karena keterbatasan jumlah pengajar / ustadz nya, guru lebih menekankan terhadap pengenalan ayat kepada santri yang masih di bawah umur, dan menyerahkan kelancaran membaca kepada santri yang lebih dewasa.
Copyrights © 2024