Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh digital marketing terhadap kepuasan pelanggan, serta pengaruh kualitas pelayanan dan digital marketing secara bersama-sama terhadap kepuasan Pelanggan pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Utama Banjarmasin (JNE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah 100 orang yang menggunakan jasa ekspedisi dari JNE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, lalu digital marketing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan, kemudian secara simultan menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil analisis koefisien determinasi variabel kualitas pelayanan dan digital marketing terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,382 atau 38,2%, yang artinya sebesar 38,2% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan digital marketing, sedangkan sisanya 61,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Copyrights © 2022