Abstrak — Kemampuan Kognitif merupakan sebuah proses berfikir untuk dapat menyelesaikan masalah, berfikir logis, dan mengingat. Masa keemasan perkembangan otak manusia terjadi pada usia 5 tahun pertama, umumnya berada pada tingkat Pendidikan Usia Dini dan Taman Kanak-kanak. Anak-anak pada usia tersebut memerlukan pengembangan kemampuan otak terutama pada kemampuan kognitif dengan berbagai rangsangan melalui pendidikan. Penelitian ini bertujuan dalam mengembangkan sebuah aplikasi permainan menghitung (Permen) berbasis smartphone sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada usia dini. Pengembangan aplikasi ini dilakukan dengan pendekatan Human Centered Design (HCD). Setiap siswa yang menggunakan aplikasi ini akan didampingi oleh guru atau orang tua. Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam berhitung, dilakukan pre-test yang kemudian akan dibandingkan dengan post-test setelah menggunakan aplikasi. Berdasarkan penelitian, didapatkan hasil pre-test sebesar 63,6 dan hasil post-test sebesar 79 yang menunjukkan terjadinya penambahan kemampuan siswa dalam berhitung dengan menggunakan aplikasi PERMEN. Kata Kunci—Kognitif, anak usia dini, permainan, smartphone, human-centered design Abstract — Cognitive ability is a thinking process to be able to solve problems, think logically, and remember. The golden age of human brain development occurs at the age of the first five years, generally at the level of Early Childhood Education and Kindergarten. Children at that age need the development of brain abilities, especially in cognitive abilities with various stimuli through education. This study aims to develop a smartphone-based counting game application (PERMEN) to improve students' numeracy skills early. The development of this application is carried out using the Human-Centered Design (HCD) approach. A teacher or parent will accompany every student who uses this application. To determine how far the students' ability in arithmetic is, a pre-test is carried out, which will then be compared with the post-test after using the application. Based on the research, the pre-test results were 63.6, and the post-test results were 79, which indicated an increase in students' ability to count using the PERMEN application. Keywords—Cognitive, early childhood, games, smartphone, human-centered design
Copyrights © 2023