JURNAL PETIK
Vol. 2 No. 2 (2016): Volume 2 No 2 Tahun 2016

Pengembangan Sistem Pakar sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Fisiologi Hewan sub Materi Fisiologi Sirkulasi

Hernawan, Hudiana (Unknown)
Sidiq, Purnomo (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2016

Abstract

Abstract — Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia salah satu penyebabnya adalah minimnya sumber bahan ajar yang dapat dimanfaatkan, baik oleh mahasiswa maupun dosen. Bahan ajar yang tersedia saat ini masih konvensional dan belum dapat meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa untuk mempelajarinya. Disamping itu, metode pembelajaran yang dipergunakan selama ini masih menggunakan metode konvensional. Kondisi ini akan membuat kesulitan dan ketidakmandirian mahasiwa yang pada gilirannya akan menyebabkan rendahnya mutu pendidikan. Bahan ajar yang tersedia saat ini masih konvensional dan belum dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa. Tersedianya sumber belajar yang ekonomis, praktis dan sederhana, fleksibel, relevan, dan memiliki nilai positif akan mendukung kegiatan pembelajaran yang lebih efektif serta memudahkan mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu alternatif pemecahan masalah ini adalah dengan memanfaatkan Teknologi Informasi. Teknologi informasi (Information Technology) meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi yang menggabungkan komputasi komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan gambar. Salah satu produk Teknologi Informasi, yaitu aplikasi Sistem Pakar. Produk ini dapat mengintegrasikan antara teknologi komputer dengan pembelajaran, tidak hanya tekstual tapi juga visual. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang dan mengembangkan Sistem Pakar, sedangkan manfaat yang diharapkan dapat dijadikan salah satu alternatif dalam penyediaan bahan ajar Fisiologi Hewan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang terdiri atas dua tahapan, yaitu proses pengembangan Sistem Pakar dan analisis produk. Hasil uji validasi produk, menurut ahli media dan ahli materi secara umum aspek produk penelitian yang dikembangkan sudah layak. Sedangkan validasi pengguna, secara umum mahasiswa sangat senang, mudah memahami, dan mudah mengoperasikan Sistem Pakar. Tanggapan mahasiswa terhadap produk Sistem Pakar untuk kategori Quality of end-user interface design termasuk dalam kriteria baik (56,24%), kategori Engagement termasuk dalam kriteria sangat baik (64,90%), kategori Interactivity termasuk dalam kategori sangat baik (63,90%), dan kategori Tailorability termasuk dalam kriteria baik (52,29%). Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Pakar dapat diterapkan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mahasiswa Pendidikan Biologi. Keywords — Fisiologi Hewan, Fisiologi Sirkulasi, Sistem Pakar, Teknologi Informasi

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...