Kegiatan belajar mengajar dalam mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital (simkomdig) di SMK Auto Matsuda masih menggunakan kurikulum 2013 dan masih terpaku pada penggunaan Microsoft office, pembelajaran di SMK Auto Matsuda masih menggunakan metode ceramah yaitu hanya guru yang memberikan penjelasan sehingga pembelajaran dirasa kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan media visme berbasis video tutorial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu X TBSM sebagai kelas kontrol yang berjumlah 288 siswa dan X PSY sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, tes/soal dan kuesioner. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran visme pada materi teknik presentasi yang efektif kelas X di SMK Auto Matsuda, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh hasil peritungan uji hipotesis (t-test) diketahui rata-rata kenaikan kelompok eksperimen sebesar 79,29 sedangkan kenaikan kelas kontrol 67,85 sehingga diketahui kenaikan skor hasil belajar kelas eksperimen lebih besar 11,44 dibandingkan kelas kontrol. Nilai Thitung > Ttabel (4,563 > 2,052) dan nilai signifikansinya lebih dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05, sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan nilai hasil belajar secara signifikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Media pembelajaran ,Media Visme, Hasil belajar Siswa SMK Auto Matsuda
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024