Membaca pemahaman merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran. Melalui pembelajaran membaca pemahaman siswa didik diasah kemampuannya untuk mengambil makna atau gagasan dari sebuah bacaan. Laporan dari beberapa lembaga pemerhati pendidikan menunjukan kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar masih rendah. Pada masa pandemi, ditengah tantangan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, pembelajaran terpaksa dilakukan secara daring sebagai bentuk kepatuhan terhadap himbauan pemerintah guna memperlambat penyebaran virus Covid-19. Beberapa hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif dan manfaat dari penggunaan aplikasi pada proses pembelajaran. Penggunaan aplikasi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang menarik bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi implementasi pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode ekploratif dengan teknik analisis kualitatif. Pemilihan penggunaan metode penelitian eksploratif dengan teknik analisis kualitatif dikarenakan peneliti ingin menggali secara luas kebenaran, menemukan suatu fenomena atau kecenderungan, dan menguak kemungkinan adanya berbagai temuan tentang implementasi pembelajaran daring terhadap pembelajaran membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar responden memberikan pendapat yang positif tentang implementasi pembelajaran membaca pemahaman secara daring. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan riset-riset selanjutnya, dan untuk memberikan masukan bagaimana mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi guna meningkatan kemampuan belajar membaca pemahaman.    
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023