Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan serta kualitas media pembelajaran matematika berbasis Visual Basic 6.0 pada materi matriks ditinjau dari tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Research and Development (RD) adalah jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini dengan prosedur pengembangan ADDIE. Siswa kelas XI di MA Al-Hidayah kota Makassar menjadi subjek penelitian. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran matematika berbasis Visual Basic 6.0 pada materi matriks mencakup operasi matriks terkhusus ordo dua dan tiga yang didesain dengan menarik yang dapat dioperasikan dengan komputer secara offline. Lima tahapan prosedur pengembangan ADDIE antara lain: tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Selanjutnya, hasil dari kriteria kevalidan didasarkan pada hasil validasi oleh tim validator adalah 3,66 (sangat valid). Kriteria kepraktisan didasarkan pada hasil kuesioner tanggapan guru 97,5% (positif) dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran 3,89 (tinggi), kemudian dari kedua hasil analisis tersebut media memenuhi kriteria praktis. Kriteria keefektifan didasarkan pada hasil kuesioner tanggapan peserta didik 90,7 (sangat positif), pengamatan aktivitas peserta didik 89% (sangat baik), dan tes hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan 90%, sehingga dari hasil pengukuran. diperoleh media memenuhi kriteria efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran materi matriks layak untuk digunakan dalam pembelajaran
Copyrights © 2023