Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi SPLDV berdasarkan langkah Polya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitati. Subjek dalam penelitian ini 3 peserta didik kelas VIII B SMPK St. Familia. Subjek dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada meteri SPLDV. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemecahan masalah yang berjumlah 2 soal, setelah diberikan tes kemudian dilakukan wawancara kepada subjek untuk lebih menggali kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan mengklarifikasi hasil yang telah ditulis. Hasil dari penelitian ini adalah peserta didik kemampuan tinggi mampu untuk melaksanakan semua tahapan pemecahan masalah berdasarkan Polya yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dengan langkah-langkah penyelesaian yang tepat dan memeriksa kembali. Peserta didik kemampuan sedang dalam pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya hanya melaksanakan 2 tahapan pemecahan masalah, yaitu mampu memahami masalah, membuat rencana namun belum maksimal, namun belum mampu melaksanakan rencana penyelesaian dengan tepat karena masih keliru dalam operasi hitung dan belum mampu melaksanakan tahapan memeriksa kembali. Peserta didik kemampuan rendah dalam pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya hanya melakukan 1 tahapan pemecahan masalah yaitu mampu memahami masalah, membuat rencana namun belum maksimal, belum mampu dalam melaksanakan rencana penyelesaian dengan langkah-langkah yang tepat serta belum mampu melakukan tahapan memeriksa kembali
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023