Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2024): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2023 - Mei 2024

PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI PADA ELEMEN GEOMETRI FASE C

Basri, Hasan (Unknown)
Indriati Hasanah, Sri (Unknown)
Nuritasari, Fetty (Unknown)
Indahwati, Rohmah (Unknown)
Yuliono, Iwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Pademawu Barat 1 pada siswa kelas V SD tahun ajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul ajar dan bahan ajar berdiferensiasi yang dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Pengembangan modul ajar dan bahan ajar berdiferensiasi ini termasuk dalam penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima fase yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Modul ajar dan bahan ajar berdiferensiasi telah didesain dan dikembangkan berdasarkan pada proses analysis. Uji coba keterbacaan dan implementasi terhadap modul ajar dan bahan ajar telah dilakukan. Hasil penelitian ini adalah secara garis besar modul ajar dan bahan ajar berdiferensiasi yang telah dikembangkan berada pada kriteria layak untuk digunakan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil penilaian ahli terhadap modul ajar dan bahan ajar secara berturut-turut 91% dan 87,5% dengan kriteria sangat layak, serta hasil angket keefektivitasan modul, bahan ajar berdiferensiasi berturut-turut 92% dan 91,5% dengan kriteria sangat efektif serta tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran secara berturut-turut untuk kelas 5B dan 5A adalah 86% dan 90%. Hasil ini mengindikasikan bahwa modul ajar dan bahan ajar berdiferensiasi yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif modul dan bahan ajar berdiferensiasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...