Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2024): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2023 - Mei 2024

PENGEMBANGAN SOAL LITERASI MATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Kartika Sari, Abigail Rina (Unknown)
Sulistyani, Niluh (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Literasi matematika adalah kemampuan untuk mengaplikasikan kemampuan berhitung dan mampu menjelaskan kepada orang lain dalam pengaplikasian matematika dengan lingkungan sekitar. Peserta didik memiliki literasi matematika ketika dapat mengaplikasikan matematika untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan soal literasi matematika dan mengetahui kualitas produk pengembangan berdasarkan aspek kevalidan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah materi Perbandingan Trigonometri Kelas XI SMA Negeri 3 Klaten Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian yang akan digunakan adalah model Tessmer. Subjek dalam penelitian pengembangan soal literasi pada materi Perbandingan Trigonometri adalah 33 peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Klaten. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner respon peserta didik, validasi produk dan inntrumen penelitian, dan tes soal literasi matematika pada materi perbandingan trigonometri. Hasil penelitian yang diperoleh adalah produk soal literasi matematika pada materi perbandingan trigonometri memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase validitas sebesar 88,67%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...