Tidak semua objek wisata telah dipersiapkan dengan apik dan memiliki daya tarik yang cukup. Ini menyebabkan kesulitan bagi wisatawan dalam memilih destinasi yang tepat, yang sering kali berujung pada kekecewaan dan kerugian. Agar masyarakat dapat memilih objek wisata yang tepat, diperlukan media yang dapat memberikan rekomendasi. Tujuan penelitian ini yaitu, menganalisis efektivitas implementasi metode Promethee dalam memberikan rekomendasi destinasi objek wisata unggulan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 32 orang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan metode promethee yang bertujuan untuk melakukan perangkingan destinasi wisata berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode Promethee berhasil menghasilkan perangkingan destinasi wisata yang akurat dan stabil berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa metode Promethee merupakan alat yang efektif dan andal untuk memberikan rekomendasi destinasi objek wisata unggulan. Penelitian ini memberikan kontribusi yang berharga dalam upaya meningkatkan pemasukan daerah melalui sektor pariwisata.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024