Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 10 No. 2 (2024)

Metode Latihan Berbasis Permainan VS Latihan Ball Feeling Peningkatan Dribbling Sepakbola Club Marshal FC

Ismail, Venus Isa (Unknown)
Nugraheni, Wening (Unknown)
Maulana, Firman (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2024

Abstract

Sepak bola merupakan olahraga yang populer dan menuntut keterampilan tinggi dalam dribbling. Dalam rangka meningkatkan kemampuan dribbling pemain, penelitian ini menguji efektivitas latihan berbasis permainan dan latihan ball feeling pada tim sepak bola Marshal FC. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen pre-test dan post-test dua kelompok. Sebanyak 20 pemain Marshal FC menjadi sampel penelitian. Instrumen tes yang digunakan adalah tes dribbling dengan alat bantu seperti bola sepak dan cones. Data dikumpulkan dari hasil pre-test dan post-test serta dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode latihan, baik berbasis permainan maupun ball feeling, memberikan peningkatan signifikan dalam kemampuan dribbling pemain. Hasil post-test menunjukkan penurunan waktu dalam menyelesaikan tes dribbling dibandingkan dengan pre-test, dengan nilai signifikan pada kedua kelompok. Uji homogenitas menunjukkan bahwa data homogen, sedangkan uji hipotesis menunjukkan pengaruh signifikan dari kedua metode latihan terhadap kemampuan dribbling. Kesimpulannya, latihan berbasis permainan dan ball feeling efektif dalam meningkatkan kemampuan dribbling pemain sepak bola. Namun, latihan berbasis permainan cenderung memberikan peningkatan yang lebih besar dibandingkan dengan ball feeling. Oleh karena itu, dalam mengembangkan kemampuan dribbling, latihan berbasis permainan dapat menjadi pilihan yang lebih disukai bagi pemain sepak bola.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...