Algebra
Vol 4 No 2 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS

CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING USING REACT STRATEGY COMPONENTS (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFFERING) ON LEARNING OUTCOMES AND STUDENT MOTIVATION

Anastasya Simbolon, Veronika (Unknown)
Ida Duma Riris (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam pembelajaran materi kimia di SMA Negeri 1 Sekerak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen dengan menggunakan eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah desain kelompok kontrol nonequialent (Pretest-Posttest Control Group Design). Desain ini terdiri dari dua kelompok, masing-masing desain akan dipilih secara acak. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sekerak yang terletak di Jln. Desa Tani, Desa Sulum, Kecamatan. Sekerak, Kab. Aceh Tamiang Provinsi Aceh. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh model pembelajaran REACT berbantuan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan buffer di SMA Negeri 1 Sekerak. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran REACT meningkat dari rata-rata skor 77 menjadi 81. Respon siswa terhadap model pembelajaran REACT berbantuan media animasi di SMA Negeri 1 Sekerak memperoleh persentase siswa yang menjawab Sangat Setuju (SS) sebesar 71,14% , sehingga 70% < 71,14 < 85% hal ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran REACT berbantuan media animasi Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran REACT berbantuan media animasi dan tanpa menggunakan pembelajaran REACT model pada materi larutan buffer di SMA Negeri 1 Sekerak. Kata Kunci : Hasil Belajar; Motivasi; Pembelajaran REACT; ABSTRACT Based on the formulation of the problem above, the objectives of this study are as follows knowing the difference of learning methods that are more effective in learning chemistry material at SMA Negeri 1 Sekerak. The method used in the research is experimentation using quasi-experiments. The design used in the research was nonequialent control group design (Pretest-Posttest Control Group Design). This design consists of two groups, each design will be selected randomly. This research was conducted in class XI Science at SMA Negeri 1 Sekerak which is located on Jln. Tani Village, Sulum Village, District. Sekerak, Kab. Aceh Tamiang Aceh Province. Based on the results of research on the effect of the REACT learning model assisted by animated media on student learning outcomes on buffer solution material at SMA Negeri 1 Sekerak. student learning outcomes using the REACT learning model increased from an average score of 77 to 81. Students' responses to the REACT learning model assisted by animated media at SMA Negeri 1 Sekerak obtained a percentage of students who answered Strongly Agree (SS) of 71.14%, so that 70% < 71.14 < 85% this indicates that students gave a positive response to the REACT learning model assisted by animated media There is a difference in student learning outcomes using the REACT learning model assisted by animated media and without using the REACT learning model on buffer solution material at SMA Negeri 1 Sekerak. Keyword : Learning Outcomes; Motivation; REACT Learning;

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...