Peningkatan hasil belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di kalangan siswa kelas VIII merupakan sebuah tantangan yang terus dihadapi dalam dunia pendidikan. Pembelajaran yang efektif memerlukan pendekatan yang tepat, khususnya yang mampu mempertimbangkan karakteristik siswa pada tahap perkembangan ini. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan metode pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan konsep-konsep IPA pada siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan satu kelas VIII di sebuah sekolah menengah. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan kuesioner. Pembelajaran diarahkan untuk mengaitkan konsep-konsep IPA dengan konteks kehidupan nyata siswa, dengan menggunakan pendekatan CTL, serta menerapkan aktivitas kooperatif NHT untuk meningkatkan interaksi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan penguasaan konsep-konsep IPA pada siswa setelah menerapkan metode pembelajaran ini. Siswa menunjukkan tingkat motivasi yang lebih tinggi dan kemampuan berkolaborasi yang lebih baik dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa juga menunjukkan penerapan konsep-konsep IPA dalam situasi kontekstual, menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024