Diglosia
Vol 7, No 2 (2023): Agustus

STUDI FENOMENOLOGI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Pauzia, Resti (Universitas Islam Riau)
Fatmawati, Fatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sejumlah fenomena yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Pelalawan Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa hambatan yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia yakni sebagai berikut pertama, jaringan kurang stabil; kedua, suasana pembelajaran yang kurang nyaman karena teman banyak yang ribut disebabkan jaringan tidak bagus; ketiga, video pembelajaran terputus-putus; keempat, pada pemberian materi melalui whatsapp sehingga tidak mencantumkan tujuan pembelajaran, siswa kurang mengerti dengan materi lalu; kelima, siswa terlambat masuk aplikasi zoom karena harus mencari jaringan ke hutan atau dermaga. Selain itu terdapat siswa yang tidak memiliki handphone sehingga harus menunggu orang tua pulang kerja barulah dapat berkomunikasi dengan guru; dan Keenam, kuota internet yang habis ketika pelaksanaan pembelajaran penutup, jika listrik padam maka jaringan internet akan hilang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dl

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia tergabung dalam Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP). Jurnal ini memuat artikel ilmiah penelitian dan gagasan konseptual atau kajian teoretis dalam bidang pendidikan, kebahasaan, ...