Digital marketing merupakan salah satu jenis strategi pemasaran berbasis digital yang digunakan untuk mempromosikan produk kepada pelanggan. Berdasarkan pengamatan awal pada mitra UMKM, diindikasikan bahwa pengelola usaha kurang memahami cara menggunakan platform digital dengan optimal untuk menjangkau pelanggan potensial. Hal ini ditunjukkan oleh keterbatasan penggunaan platform digital untuk pengembangan usaha. Oleh sebab itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang baik pada pemilik usaha mengenai konsep dan manfaat digital marketing serta cara mengimplementasikan penggunaan digital marketing. Metode pelaksanaan dari pengabdian masyarakat ini adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan, serta melakukan wawancara dan Focus Group Discussion (FGD) secara langsung dan berkala dengan mitra UMKM.Berdasarkan hasil evaluasi akhir, diketahui bahwa peningkatan softskill yang sebelumnya ada pada angka 10% dalam pemanfaatan digital marketing, menjadi 90% setelah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian penerapan digital marketing dianggap dapat membantu UMKM untuk beradaptasi dengan perubahan tren dan preferensi konsumen di era digital, sehingga dapat terus bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat.
Copyrights © 2024