Sarana dan prasarana sekolah atau madrasah merupakan komponen penting yang perlu dikelola dengan baik untuk mendukung proses pendidikan. Dalam rangka menghadapi peningkatan jumlah siswa baru, perlu dilakukan penambahan ruang kelas untuk meningkatkan kapasitas penerimaan. Selain itu, pembuatan perpustakaan sebagai tempat siswa membaca dan belajar, serta ruangan serbaguna yang dapat digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler, juga menjadi bagian penting dari manajemen sarana dan prasarana sekolah. Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) di Kelurahan Kauman, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan memiliki rencana untuk membangun sebuah bangunan yang akan difungsikan sebagai ruang kelas, perpustakaan, dan ruang serbaguna. Untuk memastikan bahwa bangunan yang akan dibangun sesuai dengan harapan pihak sekolah dan yayasan, diperlukan pendampingan dalam tahap perencanaan yang meliputi pembuatan desain dan estimasi anggaran biaya. Dalam hal ini, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Program Studi Teknik Konstruksi Universitas Pekalongan memberikan pendampingan dalam proses perencanaan tersebut. Tujuan dari pendampingan ini adalah memastikan bahwa desain bangunan memenuhi kebutuhan sekolah dan yayasan, serta membantu dalam menentukan anggaran biaya yang diperlukan. Metode berupa pendampingan digunakan untuk memastikan dokumen perencanaan yang dibuat dapat selesai dan pihak MIM Kauman Wiradesa mampu memahami dokumen perencanaan yang sudah dibuat. Proses pendampingan dimulai dari survei lokasi, perhitungan struktur bangunan, pembuatan gambar desain bangunan, dan pembuatan rencana anggaran biaya bersama mitra yang terdiri dari kepala sekolah dan tim yayasan. Dengan adanya pendampingan tersebut, diharapkan pembangunan bangunan baru dapat dilakukan dengan efisien dan sesuai dengan kebutuhan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah di Kelurahan Kauman, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024