Permasalahan utama dalam implementasi kurikulum Merdeka adalah kurangnya pemahaman guru pada paradigma baru dalam pembelajaran melalui kurikulum Merdeka, sehingga kompetensi dan pemahaman guru dalam Menyusun modul ajar juga masih rendah. Pengabdian kepada Masyarakat ini (PkM) ini dilakukan di MI Nurul Huda Sukaraja, pendampingan ini berupa “pendampingan penyusunan modul ajar kurikulum Merdeka” pada guru MI Nurul Huda Sukaraja. Bertujuan untuk memberikan pendampingan berupa penguatan pemahaman dan pengetahuan konsep implementasi kurikulum Merdeka serta memberikan pendampingan dalam penyususan modul ajar. Metode pelaksanaan pendampingan dikulai dari: identifikasi masalah di lapangan, proses pemberdayaan (edukasi) penguatan pemahaman dan pengetahuan IKM melalui kegiatan seminar/pelatihan diskusi, tanya jawab, simulasi penyusunan modul ajar, serta memberikan monitoring dan pendampingan berkala. Hasil kegiatan ini adalah dari kurang lebihnya hanya 3 guru yang awalnya memahami paradigma IKM setelah diadakannya kegiatan pengabdian ini semua Guru yang ada di MI Nurul Huda sebanyak 25 guru sudah memahami paradigma IKM dan sudah mampu membuat modul ajar kurikulum Merdeka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024