Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming
Vol 7, No 1 (2024): Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstormin

Penguatan Kapasitas Guru Geografi Melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Sriyanto, Sriyanto (Unknown)
Banowati, Eva (Unknown)
Juhadi, Juhadi (Unknown)
Fithri, Aulia Syafira (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Kurikulum sebagai bagian penting dalam pendidikan memiliki posisi strategis dalam pendidikan. Hitam putihnya kualitas pendidikan sesungguhnya sangat ditentukan oleh eksistensi kurikulum tersebut. Pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan untuk dilakukannya perubahan kurikulum. Perubahan pola pembelajaran yang dari luring menjadi daring memberikan dampak yang signifikan terhadap capaian pembelajaran. Pemerintah pada tahun 2021 menerbitkan tentang kurikulum merdeka (kurikulum merdeka 2022). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penguatan kapasitas sebaagai seorang guru geografi melalui peningkatan kualitas perangkat pembelajaran. Kurikulum merdeka mendorong pembelajaran sesuai kemampuan siswa dan memberi ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar. Permasalahan yang dihadapi guru di lapangan adalah bagaiamana pengembangan perangkat pada kurikulum merdeka agar roh dari kurikulum tersebut dapat diimplementasikan. Kegiatan ini dilaksanakan di Kota Semarang dengan sasaran khalayak yaitu guru-guru Geografi SMA yang tergabung dalam forum MGMP Geografi SMA. Metode kegiatan dilaksanakan dengan tiga Langkah, yaitu persiapan, pelaksanan, dan evaluasi.  Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa guru geografi SMA di Kota Semarang 52,4% harus beradaptasi dengan sistem kurikulum yang baru dan para guru sangat membutuhkan kegiatan ini hal ini dibuktikan dengan tingkat kehadiran yang mencapai lebih dari 60% dari total peserta MGMP Geografi. Selain melalui tingkat kehadiran, indikator keberhasilan kegiatan dilakukan dengan hasil pres test dan postet. Hasilnya menujukkan peningkatan yang cukup signifikan pada pemahaman dan penyusunan perangkat pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka dari sebelum kegiatan hanya 15 orang (25%) menjadi 60 peserta atau 100%. Hasil tersebut menujukkan bahwa kegiatan pelatihan dan pendampingan sangat penting bagi para guru yang menjadi pelaksana dari Kruikulum Merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Mechanical Engineering Public Health

Description

A periodical scientific journal (p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X) which is a means of publicizing the results of Community Service Activities from various disciplines published and managed by the Center for Research and Community Service Polytechnic Harapan Bersama. The Meaning of the Journal of ...