Strategi alternatif yang paling komprehensif adalah ekowisata yang mampumengintegrasikan kesejahteraan masyarakat, konservasi lingkungan, danpembangunan ekonomi. Industri ekowisata di Palangka Raya relatif tidakberkembang dan memiliki potensi yang signifikan. Salah satu bagian dariekowisata adalah mengembangkan usaha agrowisata. Agrowisatamempunyai manfaat peningkatan nilai komersial. Namun ada hambatanperilaku pengunjung dalam melestarikan dan penggunaan digital dalammempromosikan destinasi Manasa. Adanya keunggulan dan kelemahanusaha agrowisata Manasa harus mempertimbangkan inisiatif pembangunanregional. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan faktor dan strategipenggunaan digital dalam mengembangkan perilaku ekowisata untuk usahaagrowisata Manasa Kota Palangka Raya. Desain kuantitatif dan kualitatifmenggunakan analisis SWOT. Pengumpulan data dengan purposivesampling. Penelitian ini melibatkan 40 responden wisatawan dari 10% jumlahrerata dalam satu bulan. Studi ini menemukan bahwa citra destinasiberhubungan positif dengan ekowisata sebagai kontribusi teoritis. Temuanstudi ini menunjukkan bahwa pengunjung, pemerintah, industri pariwisata,dan masyarakat dapat menggunakan strategi pemasaran digital untukmendorong perilaku ekowisata dalam mengembangkan usaha agrowisataManasa Palangka Raya.
Copyrights © 2024