Majalah Pembelajaran Geografi
Vol 7 No 1 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Chamilo Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA Pada Mata Pelajaran Geografi

Khodijjah, Ida (Unknown)
Yushardi, Yushardi (Unknown)
Susiati, Ana (Unknown)
Astutik, Sri (Unknown)
Mujib, Muhammad Asyroful (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Kemampuan argumentasi sangat penting guna meningkatkan kemampuan berpikir dan pemahaman siswa tentang konsep. Salah satu alasan utama siswa tidak memiliki minat belajar adalah model pembelajan yang kurang variasi. Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing ini berpusat pada peserta didik, yang berarti peserta didik diminta untuk berpartisipasi secara aktif selama proses pembelajaran. Tujuan penelitin ini adalah untuk mengkaji bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berbantuan media chamilo terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMA pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental kuantitatif dengan desain post-test. Hasilnya menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda dalam hal nilai post-test. Terbukti nilai post-test dari uji independent sample t-test pada variabel kemampuan argumentasi ilmiah menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,082 yang menunjukkan bahwa nilai p (Sig.) kurang dari 0,05 dan hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil post-test pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82,10 dan rata-rata kelas kontrol 73,17. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berbantuan media chamilo terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa berpengaruh signifikan setelah menerima perlakuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PGEO

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science

Description

Majalah Pembelajaran Geografi (E-ISSN : 2622-125X) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel-artikel pada bidang : (1) Pendidikan Geografi, (2) Ilmu Geografi (3) Sistem Informasi Geografis, dan (4) Penginderaan ...