Majalah Pembelajaran Geografi
Vol 7 No 1 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Berbasis Geoliteracy Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA

Maghfiroh, Amanda Maulida (Unknown)
Astutik, Sri (Unknown)
Suratno, Suratno (Unknown)
Kurnianto, Fahmi Arif (Unknown)
Nurdin, Elan Artono (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran geografi saat ini masih berfokus pada satu sumber belajar dan metode atau model pembelajaran yang digunakan masih konvensional sehingga situasi belajar terasa membosankan dan kemampuan berpikir spasial siswa belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak menggabungkan pendekatan Resource Based Learning (RBL) yang berfokus pada geoliterasi pada kemampuan berpikir spasial siswa sekolah menengah, kontras dengan penggunaan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) yang lazim sebagai sumber belajar utama. Menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan kelompok kontrol pretest-posttest, penelitian ini menemukan bahwa siswa di kelas eksperimen, yang terpapar model RBL berbasis geoliterasi, menunjukkan nilai rata-rata yang jauh lebih tinggi dalam kemampuan berpikir spasial dibandingkan dengan mereka yang berada di kelas kontrol. Secara khusus, kelompok eksperimen mencapai nilai rata-rata 71,25, sedangkan kelompok kontrol mencetak rata-rata 55,63. Uji T Sampel Mandiri menunjukkan tingkat signifikansi 0,001, menunjukkan bahwa adopsi model pembelajaran RBL berbasis geoliterasi memang mempengaruhi kemampuan berpikir spasial siswa SMA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PGEO

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science

Description

Majalah Pembelajaran Geografi (E-ISSN : 2622-125X) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel-artikel pada bidang : (1) Pendidikan Geografi, (2) Ilmu Geografi (3) Sistem Informasi Geografis, dan (4) Penginderaan ...