Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dengan bermain halang rintangan di Tk sangkakalan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak II Siklus yang dimulai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan lembar instrumen penelitian. Subjek dalam penelitan ini adalah 15 orang anak usia 5-6 Tahun di Tk Sangkakalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan halang rintangan di Tk Sangkakalan dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar anak. Pada siklus I ditemukan yakni 8 anak atau 53,33% dengan kriteria belum berkembang (BB), 5 anak atau 33,33% dengan kriteria mulai berkembang (MB), 1 anak atau 6,67% dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), 1 anak atau 6,67% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 12 anak atau 80% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB), 2 anak atau 13,33% berkembang sesuai dengan harapan (BSH) dan 1 anak atau 6,67% mulai berkembang (MB). Pada Siklus II ditemukan bahwa hasil penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80 dengan kategori penilainya sebanyak 76% dari jumlah anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain halang rintangan di Tk Sangkakalan dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia 5 – 6 Tahun.
Copyrights © 2021