Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan musik klasik terhadap kecerdasan emosional anak usia 5 - 6 Tahun di TK Markus Medan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak di kelas B - One dan B - Two yang berjumlah 27 anak. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental dengan teknik random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil perbandingan profil umum kecerdasan emosional grup kontrol dan grup eksperimen dan berdasarkan hasil post test anak usia 5 - 6 Tahun di kelas B - Two TK Markus Medan, ditemukan bahwa nilai rata-rata kecerdasan emosional anak pada grup kontrol dan group eksperimen meningkat, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh musik klasik terhadap kecerdasan emosional anak usia 5 – 6 Tahun. Hal ini dibuktikan dengan hasil pre test 109,86 meningkat menjadi 117,57 pada post test dan juga hasil t-Test ditemukan p value 0,000.
Copyrights © 2021