Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 3 No. 2 (2024): Maret 2024

Reproduksi Paragraf Prosedur Tema Matematika Fase C sebagai Materi Pembelajaran Keterampilan Membaca

Hadi, Samsul (Unknown)
Lestari, Septi Suci (Unknown)
Auzar, Inu Adhytia (Unknown)
Gurmarni (Unknown)
Sudarmono (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan reproduksi paragraf prosedur tema matematika fase C sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 006 TPI Kota, Tanjungpinang Kota, Kepulauan Riau pada awal semester genap 2023/2024. Populasi adalah para siswa kelas 5 yang mengikuti tes kloz untuk menghasilkan data keterbacaan teks prosedur tema matematika fase C. Mereka berjumlah 22 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 21 siswa yang dipilih secara random tanpa pengembalian. Instrumen penelitian adalah tes kloz dan daftar cek-ricek. Data teks prosedur dianalisis secara tematik yakni analisis menurut perspektif stuktur teks prosedur dan menurut perspektif bahasa. Data keterbacaan teks prosedur dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) adanya reproduksi 3 paragraf prosedur subtema prosedur perkalian cepat bilangan kuadrat; 2) adanya reproduksi 3 paragraf prosedur subtema prosedur perkalian cepat bilangan satu angka dengan 9; 3) adanya reproduksi 3 paragraf prosedur subtema prosedur perkalian cepat bilangan dua angka dengan 99; 4) adanya reproduksi 3 paragraf prosedur subtema prosedur perkalian cepat bilangan puluhan dengan angka 11.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...