Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar keterampilan mengembangkan paragraf fiksi menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin melalui media LKPD; 2) sama-tidak hasil keterampilan mengembangkan paragraf fiksi menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin melalui media LKPD per kelompok sampel. Kegiatan penelitian dilaksanakan di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian berlangsung di SMK Negeri 2 Pekanbaru dan SMK Negeri 1 Kandis. Populasi penelitian adalah para siswa yang mengikuti pembelajaran keterampilan mengembangkan paragraf fiksi menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin melalui media LKPD. Mereka berjumlah 65 siswa. Jumlah ini terbagi dari 33 siswa kelas X SMK Negeri 2 Pekanbaru dan 32 siswa kelas X SMK Negeri 1 Kandis yang secara aksidental bersesuaian dengan jadwal mengajar untuk kelas pertama. Sampel ditetapkan 56 siswa yang terbagi dari 28 siswa kelas X SMK Negeri 2 Pekanbaru dan 28 siswa kelas X SMK Negeri 1 Kandis. Setiap anggota sampel dipilih secara random sederhana. Untuk mengumpulkan data digunakan instrumen tes unjuk kerja yang valid. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial. Semua penghitungan menggunakan aplikasi komputer yakni SPSS. Hasil penelitian: 1) hasil belajar keterampilan mengembangkan paragraf fiksi menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin melalui media LKPD bagi para anggota sampel berkategori sedang; 2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan mengembangkan paragraf fiksi menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin melalui media LKPD per kelompok sampel.
Copyrights © 2024