Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 3 No. 3 (2024): Mei 2024

Tema Cerita Rakyat ‘Badang Perkasa’ menurut Interpretasi Siswa melalui Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme

Delfiana (Unknown)
Febri, Refina (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) tema utama cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivisme berbahan ajar khusus; 2) samakah tema utama cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa per kelompok sampel; 3) tema pendukung cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivisme berbahan ajar khusus; 4) samakah tema pendukung cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di awal semester genap 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 7 yang mengikuti pembelajaran tema utama dan tema pendukung cerita rakyat Badang Perkasa yang menggunakan pendekatan konstruktivisme berbahan ajar khusus. Mereka berjumlah 93 siswa dari 105 siswa kelas 7. Sampel ditetapkan sejumlah 75 siswa; masingmasing 25 siswa pada tiga kelas paralel. Data tema utama dan tema pendukung cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner tertutup. Setiap data tema utama dan tema pendukung cerita rakyat Badang Perkasa dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif melalui teknik tabulasi. Hasil penelitian: 1) tema utama cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa adalah kekuatan seseorang ditentukan oleh ketakqaan kepada Allah Taala; 2) tema utama cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa tidak berbeda per kelompok sampel; 3) tema pendukung cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa adalah konsiai fisik tidak menentukan kekuatan seseorang; 4) tema pendukung cerita rakyat Badang Perkasa menurut interpretasi siswa tidak berbeda per kelompok sampel. Kata Kunci: tema, ceria rakyat, Badang Perkasa, interpretasi siswa, pendekatan konstruktivisme

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...