Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 3 No. 3 (2024): Mei 2024

Keterbacaan Teks Cerpen ‘Pagar’ Menggunakan Teknik Kloz

Yatim, Muhammad (Unknown)
Yusneli (Unknown)
Razak, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian dalam artikel ini untuk mendeskripsikan keterbacaan teks cerpen ‘Pagar’ menggunakan teknik kloz. Penelitian ini berlangsung di semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Dalam rangka pelaksanaan teknik kloz, penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas X yang mengikuti tes menggunakan teknik kloz cerpen ‘Pagar’ yang mengisi dan mengembalikan lembar tes teknik kloz. Mereka hanya berjumlah 59 siswa dari 65 siswa kelas X dan siswa kelas XI. Sampel ditetapkan sejumlah 52 siswa; masingmasing 27 siswa kelas X dan 25 siswa kelas XI; masingmasing untuk satu rombongan belajar. Instrumen penelitian adalah tes teknik kloz berjumlah 50 untuk teks cerpen sepanjang 1.340 kata. Tes teks kloz disusun secara objektif dan sistematis sehingga memenuhi syarat instrumen tes yang valid. Instrumen lain dalam penelitian kolaborasi ini adalah daftar cek ricek yang bertujuan untuk memvalidasi kuesioner, memvaldiasi peskoran data teks kloz, dan memvaliasi hasil analisis data penelitian. Data keterbacaan teks cerpen ‘Pagar’ menggunakan teknik kloz dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif melalui mean dan persen yang dilakukan secara manual berbatuan excel. Hasil penelitian adalah keterbacaan teks cerpen ‘Pagar’ menggunakan tes teknik kloz berkategori ‘keterbacaan normal’. Kata Kunci: keterbacaan, teks cerpen, ‘Pagar’, teknik kloz

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...