Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin; 2) hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-A SMP Negeri 1 Jakarta di pertemuan pertama semester 1 tahun pelajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 7.1 yang mengikuti pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin yang berjumlah 35 siswa. Sampel penelitian sebanyak 33 yang ditarik secara random sederhana tanpa pengembalian. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin digunakan pedoman observasi atas atas kegiatan pembelajaran yang direkam melalui media elektronik. Untuk mengumpulkan data hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin digunakan tes esai. Tes ini memenuhi syarat validitas isi. Data prosedur pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin dinalisis secara tematik per jenis kegiatan pembelajaran. Data hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin mencakup kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir; 2) hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik perkalian menggunakan teknik scaffolding dan teknik tugas menyalin berkategori tinggi.
Copyrights © 2024