Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 3 No. 4 (2024): Juli 2024

Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin

Banont, Andi Muhammad Ruchul (Unknown)
Nur, Bahanuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mngeksplorasi: 1) proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin; 2) hasil belajar keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 15 Tanrutedong pada awal semester genap 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah 21 siswa kelas 6 SD Negeri 15 Tanrutedong yang mengikuti pembelajaran keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin. Sampel berjumlah 20 siswa yang ditarik secara random sederhana. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi dan tes keterampilan menulis paragraf opini. Pedoman observasi digunakan untuk mengumpulkan data proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar keterampilan menulis paragraf opini menggunakan pendekatan keterampilan proses dan teknik tugas menyalin. Data proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin dianalisis secara tematik yang terfokus kepada kesesuaian jenis kegiatan belajar-mengajar antara perencanaan dengan pelaksanaan di kelas. Data hasil belajar keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin dianalisis menggunakan prosedur statistik. Hasil penelitian: 1) terdapat kesesuaian jenis kegiatan belajar-mengajar antara perencanaan dengan pelaksanaan di kelas; 2) hasil belajar keterampilan menulis paragraf opini menggunakan metode model dan teknik tugas menyalin berkatgori tinggi. Kata Kunci: keterampilan menulis, paragraf opini, metode model, tugas menyalin

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...