IJMA
Vol 5, No 1 (2024)

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI APLIKASI DANA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MASYARAKAT KOTA MEDAN

Naomi, Lisa Feronika (Unknown)
Gaol, Lidia Sartika Lumban (Unknown)
Shia, Roger Tan (Unknown)
Sari, Roza Maya (Unknown)
Kurnia, Efry (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak kualitas pelayanan, promosi, dan harga terhadap tingkat kepuasan pelanggan dalam penggunaan dompet digital DANA. Responden dari penelitian ini adalah warga Kota Medan, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Analisis data menggunakan metode SMART PLS untuk mengevaluasi validitas dan keandalan variabel, serta untuk menentukan apakah variabel independen memiliki dampak positif terhadap variabel dependen, atau sebaliknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Kota Medan, kualitas layanan aplikasi DANA memengaruhi kepuasan pelanggan secara positif. Namun, promosi aplikasi tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Terdapat juga keseimbangan yang baik antara biaya dan kepuasan pelanggan dalam penggunaan aplikasi ini. Secara keseluruhan, baik kualitas layanan maupun harga berkontribusi positif terhadap kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, untuk memastikan kepuasan pelanggan yang optimal, penting untuk menjaga kualitas layanan dan menetapkan harga yang sesuai dengan nilai yang diberikan kepada pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJMA

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting) is a peer-reviewed journal published by the Faculty of Economics and Business, Alma Ata University. IJMA aims to publish articles in the field of accounting and management that make a significant contribution to the development of accounting ...